PP-Darul Mu'minin

Konsep ukhuwah wathaniyah sebagai kunci perdamaian

Zaedun Na’im dalam buku Memahami Ahlus Sunnah Wal Jamaah, mendefinisikan konsep ukhuwah wathaniyah sebagai persaudaraan yang diikat oleh jiwa nasionalisme tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, adat-istiadat, budaya, atau aspek lainnya. Ukhuwah ini merupakan perwujudan dari surat Al Hujurat ayat 13 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.

ajaran Islam memperbolehkan umatnya untuk berhubungan dengan umat agama lain. Toleransi antar umat beragama ini dibatasi dengan batasan muamalah, yaitu hubungan kemanusiaan dan tolong menolong dalam sosial kemasyarakatan. Ukhuwah wathaniyah menjadi hal yang sangat penting dalam menciptakan kedamaian di kehidupan sehari-hari, dan menjadi bentuk dari rasa cinta tanah air.

Ukhuwah sebagai pilar kekuatan Islam

Kekuatan Islam akan terwujud jika umat Muslim mampu menegakkan ukhuwah dan silaturahmi terhadap sesama, memperbanyak persamaan, dan memperkecil perbedaan. Namun, jika sesama umat muslim bermusuhan, tentunya agama Islam akan lemah dan tidak mempunyai kekuatan.

Ukhuwah merupakan bagian dari iman

Iman seseorang tidak akan sempurna tanpa disertai dengan ukhuwah. Begitu juga sebaliknya, ukhuwah tidak akan bermakna tanpa dilandasi keimanan.

Ukhuwah dapat membangun masyarakat madani

Masyarakat madani adalah masyarakat ideal yang memiliki karakteristik yang menjunjung tinggi kedamaian, kerukunan, dan saling tolong menolong. Nilai-nilai tersebut akan dengan mudah terwujud, apabila setiap manusia memiliki ketulusan dan kemauan yang tinggi untuk membangun ukhuwah antar sesama.

Sudah semestinya seorang muslim untuk menerapkan konsep ukhuwah wathaniyah dalam kehidupan, sebagai bentuk kecintaan terhadap diri sendiri, orang lain, dan tanah air.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *