PP-Darul Mu'minin

Hubbul wathon minal iman sebagai acuan rasa Nasionalisme Bangsa Indonesia

Nasionalisme sangat dibutuhkan dalam kelangsungan hidup suatu bangsa. Dalam membangun rasa nasionalisme, tentunya dibutuhkan keselarasan antara komponen bangsa.

Sebagai muslim yang berakal sudah menjadi keharusan kita untuk melakukan perjuangan dalam membela bangsa. Konsep cinta tanah air merupakan wujud dari kesadaran diri sendiri dalam membangun rasa nasionalisme.

Rasul menganjurkan kepada umat Islam untuk turut serta terlibat di dalam urusan negara, yang pastinya hal tersebut berpedoman pada Al-quran dan hadist. 

Nasionalisme bangsa Indonesia mengacu pada semangat kebangkitan yang dijelaskan pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila dan Undang-undang dasar 1945 menjadi pedoman baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia diwarnai oleh perjuangan umat Islam, maka menjalankan kehidupan dengan baik merupakan wujud dari istilah “hubbul wathon minal iman”. Semangat mencintai negara menjadi semangat membela negara merupakan suatu bentuk keimanan. Pemimpin negara yang berpedoman tentu akan dipercaya oleh rakyatnya, jika para pemimpin tersebut mencontohkan semangat mencintai negara yang merupakan bentuk dari iman mereka sehingga tercipta bangsa yang bermasyarakat madani dalam konteks hubbul wathon minal iman.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *