PP-Darul Mu'minin

Amalan Sunnah Pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan ke 9 dalam hijriyah. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Allah mewajibkan kaum muslim (yang memenuhi syarat wajib berpuasa) untuk berpuasa dalam satu bulan dari terbit fajar hingga matahari tenggelam. Dalam bulan ini berkah serta rahmat dari Allah turun kepada hambanya yang beriman dan melakukan kewajibannya. Segala hal baik yang dikerjakan pada bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang dilipat gadakan. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita untuk mengejar rahmat serta berkah dari Allah SWT, dengan melakukan ibadah-ibadah yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan.

berikut merupakan amalan yang dapat dilakukan pada bulan ramadhan :

  1. Berpuasa, puasa ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang memenuhi syarat wajib berpuasa.
  2. Sholat tarawih, sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang hanya ada pada malam-malam di bulan ramadhan. Sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat isya, dengan rakaat umumnya yaitu 8 hingga 20 rakaat.
  3. Sholat witir, sholat witir dilaksanakan setelah sholat tarawih. umumnya sholat witir dilakukan sebanyak 3 rakaat.
  4. Qiyamullail, qiyamullail merupakan bangun malam untuk melaksanakan ibadah-ibadah pada malam hari. Qiyamullail sangat dianjurkan, terlebih untuk menghidupkan malam-malam pada bulan ramadhan dengan ibadah-ibadah yang dapat dilakukan seperti membaca Al-Qur’an, sholat malam tarawih, tahajud, witir, dan sholat shunnah lainnya.
  5. Memperbanyak membaca Al-Qur’an.
  6. Memperbanyak sedekah, seperti memberi takjil untuk berbuka puasa, dan lain sebagainya.
  7. Memperbanyak sholat sunnah pada malam maupun siang hari.
  8. Memperbanyak zikir dan istighfar.
  9. Memperbanyak doa.
  10. Tidak melewatkan sahur, sahur merupakan shunnah yang dianjurkan pada bulan ramadhan, agar tubuh tetap sehat dalam melaksanakan ibadah di siang hari pada bulan ramadhan.
  11. Berbuka puasa dengan yang manis.
  12. Menjaga lisan untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak baik.
  13. Melakukan i’tikaf di masjid.
  14. Zakat fitrah, yang wajib dilakukan pada akhir ramadhan menjelang idul fitri.

Semoga dengan ibadah-ibadah yang kita kerjakan di bulan ramadhan ini, dapat diterima oleh Allah SWT serta menjadi ladang pahala, Aamiin Allaumma Aamiin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *