PP-Darul Mu'minin

Bulan Jumadil Ula dan Keistimewaannya

Nama Jumadil Ula diambil dari kata jamada (جَمَدَ) yang memiliki arti beku dan dingin. Kemudian kata awal atau ula memiliki arti “pertama”. Jumadil Awal atau Jumadil Ula (جمادى الأولى) merupakan bulan ke-5 dalam kalender Hijriah.

Nama bulan Jumadil Ula diambil dari musim yang terjadi pada bulan tersebut, yaitu musim dingin (syitha). Pada saat itu udara yang berhembus begitu dingin hingga menyebabkan mata air menjadi beku.

Pada zaman Jahiliyah, bulan Jumadil Ula disebut dengan al-Hanin, Rubba, Syaiban, dan Kanun al-Awwal. Sedangkan bulan berikutnya Jumadal Akhir disebut dengan Milhan dan Kanun al-Akhir. Kata syaiban dan milhan ini dapat ditelusuri dari kata syaib yang berarti ‘uban’, dan kata milh yang berarti ‘garam.’ Keduanya menggambarkan keadaan salju di musim dingin yang putih seperti uban atau garam dan terjadi di bulan Jumadil Ula dan Jumadil Akhir.

Umumnya musim itu terjadi selama dua bulan. Sehingga nama ini pun disematkan pada dua bulan terjadinya musim tersebut, yakni Jumadal Ula dan Jumadal Akhirah. Sebagaimana diketahui masyarakat Arab memiliki enam musim, yaitu ar-rabi al-awwal (musim semi pertama), shaif (musim panas), qaizh (puncak musim panas), al-rabi‘ al-tsani (musim semi kedua), kharif (musim gugur), dan syitha (musim dingin).

Bulan jumadil ula menjadi salah satu bulan istimewa, dimana terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam bulan tersebut.

  1. Lahirnya Cucu Rasulullah SAW

Peristiwa penting pada bulan jumadil ula, yaitu lahirnya Sayyidah Zainab yang merupakan putri dari Ali bin Abi Thalib dan Fathimah Az-Zahra. Ia lahir tanggal 5 Jumadil Awwal 5 H dan wafat pada Bulan yang sama pada tanggal 13 Jumadil Awwal 11 H dengan Fatimah Az-Zahrah wafat.

  1. Pertempuran Moota

Peristiwa penting lainnya yaitu pertempuran Moota yang terjadi di bulan Jumadil Awal. Pada pertempuran ini Nabi Muhammad SAW tidak ikut serta, sehingga Khalid bin Walid ditunjuk oleh Nabi Muhammad sebagai jenderal keempat dari pertempuran Moota. Khalid bin Walid juga dijuluki sebagai “salah satu pedang Allah”. Moota adalah nama sebuah kota di Suriah yang menjadi tempat pertempuran ini.

  1. Nabi Muhammad SAW Menikahi Khadijah

Peristiwa penting lain yang terjadi pada bulan jumadil ula yaitu Nabi Muhammad SAW menikahi istri tercinta yakni Khadijah binti Khuwailid. Khadijah menjadi wanita yang paling dicintai nabi Muhammad. Khadijah adalah satu-satunya orang yang diberi salam oleh Allah SWT melalui jibril ketika jibril menemui Muhammad.

  1. Wafatnya Sahabat Nabi SAW

Di bulan Jumadil Awal, juga terdapat terdapat beberapa peristiwa wafatnya sahabat nabi yaitu:

– Zaid bin Haritsah, sahabat nabi Muhammad dan pemeluk Islam paling awal dari kalangan bekas budak nabi Muhammad.

– Ja’far bin Abi Thalib, putra dari Abu Thalib, sepupu nabi Muhammad dan kakak dari Khalifah ke-4, Ali bin Abi Thalib.

– Abdullah Ibn Rawaahah, salah satu sahabat nabi Muhammad SAW.

  1. Lahirnya Ulama Besar

Jumadil Awwal juga merupakan bulan kelahiran beberapa ulama dan awliya’ besar, seperti Imam al Ghazali dan Imam Ali Zainal Abidin.

wallahua’lam

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *