PP-Darul Mu'minin

Keistimewaan Serta Amalan Pada Bulan Jumadil Akhir

Jumadil Akhir merupakan bulan ke enam dalam kalender hijriah, Jumadil akhir bisa juga disebut dengan jumadi at-tsani. JUmadil berasal dari kata jamada yang artinya beku, dinamakan jumadil karena pada saat itu udara sangat dingin yang menjadikan air-air membeku.

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, pada bulan jumadil akhir juga terdapat beberapa peristiwa penting dalam islam. Diantaranya yaitu wafatnya Khalifah pertama Islam, Abu Bakar As-Shiddiq pada 22 Jumadil Akhir tahun 13 H sekaligus diitunjuknya Umar bin Khattab sebagai penerus.

Peristiwa penting berikutnya yang terjadi di bulan jumadi akhir adalah terjadi Perang Yarmuk selama enam hari yang pada saat itu dipimpin oleh Khalid bin Walid yang kemudian digantikan oleh Abu Ubaidah bin Al Jarrah. dinamakan perang yarmuk dikarenakan perang tersebut berlangsung di tepi sungai yarmuk yang berada di wilayah yang tidak jauh dari lembah Yordania. Perang Yarmuk berakhir dengan kemenangan kaum Muslimin yang hanya mengerahkan 36.000 prajurit melawan Kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium yang mengerahkan hingga 240.000 prajurit.

Keistimewaan lainnya di bulan jumadil akhir yaitu lahirnya putri Rasulullah, Sayyidah Fatimah Az-Zahra, yang merupakan istri dari Ali bin Abi Thalib.

Bulan jumadil akhir merupakan bulan yang berdekatan dengan bulan Ramadhan, sama seperti bulan lainnya pada bulan Jumadil Akhir terdapat beberapa amalan-amalan yang dianjurkan. Berikut adalah beberapa amalan dan ibadah yang dapat dilakukan umat Islam di bulan Jumadil Akhir:

1. Puasa Sunah Ayyamul Bidh Puasa Ayyamul Bidh disunahkan bagi umat Islam untuk dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap bulannya. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa amalan ini utamanya dilaksanakan pada hari ke-13, 14, dan 15 di bulan tersebut.

2. Shalat Sunah Malam Ibadah yang dapat dilaksanakan selanjutnya adalah memperbanyak salat sunah malam, utamanya melaksanakan salat malam pada 1 Jumadil Akhir sangat disarankan.

3. Shalat Sunah 10 Jumadil Akhir Selanjutnya dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah pada 10 Jumadil Akhir. Salat sunah ini terdiri atas 12 rakaat dengan 6 kali salam, pada setiap rakaatnya, dapat melafalkan surah Al Fatihah dilanjutkan dengan surah Al Quraisy. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca surah Yusuf.

4. Shalat Sunah Akhir Bulan Di akhir bulan Jumadil Akhir, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah yang terdiri atas 4 rakaat dengan dua salam atau dalam satu salam sekaligus. Waktu pelaksanaan salat ini adalah setelah salat Maghrib.

5. Memperbanyak Istighfar, Doa, Dzikir, dan juga Shalawat Terakhir, umat Islam dianjurkan untuk mengisi bulan Jumadil Akhir dengan memperbanyak amalan rutin sehari-hari. Di antaranya adalah dengan memperbanyak istighfar, berdoa, dzikir hingga bershalawat setiap hari.

Selain itu, bulan jumadil akhir merupakan bulan yang berdekatan dengan bulan ramadhan, jaraknya hanya dua bulan, maka dari itu disarankan pada bulan jumadil akhir untuk segera menunaikan puasa-puasa qada sebelim bulan ramadhan tiba.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *